Cara Menginstal PostgreSQL dan pgAdmin

Halo teman-teman! Hari ini kita akan belajar cara install PostgreSQL dan pgAdmin, dua alat super keren yang akan membantu kita dalam mengelola database. Yuk, simak petunjuknya!

Panduan Instalasi:

  1. Bagi Pengguna Windows: Download installer Postgres di sini: https://sbp.enterprisedb.com/getfile.jsp?fileid=1258649
  2. Bagi Pengguna Mac: Download installer Postgres di sini: https://sbp.enterprisedb.com/getfile.jsp?fileid=1258653
  3. Klik dua kali pada file yang didownload untuk memulai proses instalasi.
  4. Pengguna Windows: Jika muncul jendela permintaan izin untuk menjalankan instalator, pilih YES.
    Cara Menginstal PostgreSQL dan pgAdmin (1)

  5. Pengguna Mac: Jika muncul jendela permintaan izin untuk menjalankan instalator, pilih OPEN, mungkin Kamu perlu memasukkan password Mac Kamu untuk mengizinkan instalator berjalan. 
    Cara Menginstal PostgreSQL dan pgAdmin

  6. Klik Next untuk melanjutkan melalui instalator, hingga Kamu mencapai tampilan ini, dan pastikan semua yang ada dipilih terutama pgAdmin
    Cara Menginstal PostgreSQL dan pgAdmin

  7. Terus klik Next hingga Kamu mencapai layar ini. Nama pengguna superuser Kamu adalah postgres dan Kamu perlu mengatur password. Pastikan Kamu mencatat password ini. Kita akan membutuhkannya nanti untuk mengakses basis data kita. 
    Cara Menginstal PostgreSQL dan pgAdmin

  8. Lanjutkan melalui instalator, biarkan semuanya sebagai default dan terus klik Next. Setelah instalasi selesai, Anda selesai! Anda dapat klik Finish dan melanjutkan ke pelajaran berikutnya!

CATATAN: Jika Stack Builder diluncurkan setelah instalasi selesai, cukup tutup saja. Kita akan melakukan semuanya dari awal bersama-sama dalam pelajaran berikutnya tanpa menggunakan wizard.

Komentar