Kunci Jawaban Teknik Pemrograman BSI dan Nusa Mandiri (Quiz, UTS, UAS, dan HER) Terbaru

Berikut ini adalah kisi-kisi soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS, dan HER matakuliah Teknik Pemrograman terbaru hasil ringkasan dari pertemuan 1, pertemuan 2, pertemuan 3, pertemuan 4, pertemuan 5, pertemuan 6, pertemuan 9, pertemuan 10, pertemuan 11, pertemuan 12, pertemuan 13, dan pertemuan 14 di kampus Akademi Mananajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bina Sarana Informatika (BSI) dan Nusa Mandiri.

Soal dan kunci jawaban Teknik Pemrograman ini telah diperbaharui dan diperbaiki sehingga kebenaran jawabannya sesuai dengan modul/materi.

  1. Dalam prosedur penulisan program arti atau maksud yang terkandung di dalam statement adalah pengertian dari...

    1. Semantik
    2. Sintaks
    3. Source program
    4. Kebenaran Logika
    5. Leksikal
  2. Tenaga pelaksana (Brainware) yang membutuhkan atau menggunakan flowchart dalam melaksanakan tugasnya adalah...

    1. DBA
    2. Programmer
    3. Data Entry
    4. Technical Support
    5. Operator
  3. Perangkat keras (Hardware) yang digunakan untuk melihat output dari program adalah...

    1. Keyboard
    2. Monitor
    3. Harddisk
    4. Disk Drive
    5. Mouse
  4. Perangkat lunak seperti Windows, Unix, Linux merupakan jenis perangkat lunak...

    1. Package Software
    2. System Software
    3. Application Software
    4. Utility Software
    5. Operating System
  5. Bahasa pemrograman di bawah ini yang berorientasi dalam bidang bisnis adalah...

    1. Basic
    2. Cobol
    3. Pascal
    4. Assembler
    5. Fortran
  6. Bahasa pemrograman yang menggunakan aturan-aturan gramatikal dalam penulisan pernyataan, mudah untuk dipahami dan memiliki instruksi-instruksi tertentu yang dapat langsung diakses oleh komputer...

    1. C
    2. Pascal
    3. Cobol
    4. Visual Basic
    5. Basic
  7. Bahasa Pemrograman yang menterjemahkan Mnemonics adalah...

    1. Basic
    2. Pascal
    3. Fortran
    4. Cobol
    5. Assemble
  8. Bahasa Pemrograman yang hanya dapat dimengerti oleh mesin (komputer) yang di dalamnya terdapat CPU yang hanya mengenal 2 (dua) keadaan yang berlawanan, yaitu...

    1. C
    2. Bahasa Mesin
    3. Basic
    4. Pascal
    5. Visual Basic
  9. Serangkaian unsur-unsur yang terdiri dari beberapa perangkat lunak program komputer yang digunakan untuk membantu proses kerja manusia (Brainware)...

    1. Hardware
    2. Software
    3. Fortran
    4. Tupperware
    5. Brainware
  10. Bahasa pemrograman harus mempunyai struktur data, operasi-operasi, struktur kontrol dan sintaks yang tepat untuk memecahkan suatu masalah, termasuk kedalam kriteria bahasa pemrogaman...

    1. Kewajaran untuk aplikas
    2. Mendukung abstraksi
    3. Kemudahan untuk verifikasi program
    4. Orthogonality
    5. Portabilitas program
  11. Kemudahan program untuk dipakai di berbagai jenis komputer, termasuk kedalam kriteria bahasa pemrogaman...

    1. Kewajaran untuk aplikasi
    2. Mendukung abstraksi
    3. Kemudahan untuk verifikasi program
    4. Orthogonality
    5. Portabilitas program
  12. Dengan verifikasi data yang mudah, maka suatu program akan dengan mudah dibangun dan dikembangkan, termasuk kedalam kriteria bahasa pemrogaman...

    1. Kewajaran untuk aplikasi
    2. Mendukung abstraksi
    3. Kemudahan untuk verifikasi program
    4. Orthogonality
    5. Portabilitas program
  13. Abstraksi merupakan suatu hal yang substansial bagi programer untuk membuat suatu solusi dari masalah yang dihadapi, termasuk kedalam kriteria bahasa pemrogaman...

    1. Kewajaran untuk aplikasi
    2. Mendukung abstraks
    3. Kemudahan untuk verifikasi program
    4. Orthogonality
    5. Portabilitas program
  14. Bahasa pemrograman ini mengandung fungsi-fungsi untuk menyelesaikan suatu permasalahan dan program tidak harus dituliskan secara detail semua pernyataannya, tetapi cukup memasukkan kriteria-kriteria yang dikehendaki saja...

    1. Bahasa Berorientasi Objek
    2. Bahasa Mesin
    3. Basic
    4. Pascal
    5. Visual Basic
  15. Yang bukan ciri-ciri algoritma pemrograman yang baik adalah...

    1. Memiliki logika perhitungan/metode yang tepat dalam memecahkan masalah
    2. Menghasilkan output yang tepat dan benar dengan waktuyang lama
    3. Ditulis dengan bahasa yang standar secara sistematis sehingga tidak menimbulkan arti ganda.
    4. Ditulis dengan format yang mudah dipahami dan diimplementasikan ke dalam bahasa pemrograman.
    5. Memiliki waktu run-time yang singkat
  16. Dibawah ini manakah penulisan logika pengujian yang paling benar...

    IF item = nilai1
    instruksi1
    ELSE
    instruksi2
    ENDIF

  17. Salah satu standar penyusunan program harus mempunyai sifat kesederhanaan dan kejelasan dari program yang berguna untuk...

    1. Portabilitas
    2. Waktu penulisan
    3. Perawatan dan pengembangan
    4. Kebenaran Logika
    5. Efisiensi
  18. Sifat penulisan program selain bersifat statis dan tidak fleksibel dan struktur programnya selalu berubah seperti program animasi disebut...

    1. Data Oriented
    2. Program Oriented
    3. Terstruktur Oriented
    4. OOP
    5. Modular programming
  19. Di bawah ini yang bukan standar penulisan instruksi yang baik dalam pembuatan program adalah...

    1. Hindari pernyataan untuk Percabangan (IF statement) yang sangat rumit dan Nested Loop (Loop di dalam Loop lain) yang berlebihan.
    2. Gunakan sebaris atau beberapa baris kosong sebagai pemisah
    3. Hindari penulisan “kurung buka dan tutup” dalam menulis suatu ekspresi Aritmatika atau logika.
    4. Awal dan akhir statement dari sekumpulan statement ditulis pada kolom yang sama
    5. Gunakan kurung buka dan kurung tutup untuk operasi aritmatik
  20. Bahasa pemrograman dan program yang disusun sebaiknya bisa dipakai pada berbagai tipe komputer yang berbeda-beda dan berbagai jenis sistem operasi...

    1. Portabilitas
    2. Waktu penulisan
    3. Perawatan dan pengembangan
    4. Kebenaran Logika
    5. Efisiensi
  21. Program harus memiliki fasilitas yang memberikan kemudahan bagi user untuk pengoperasian, seperti menu tampilan yang disebut...

    1. Portabilitas
    2. Waktu penulisan
    3. Perawatan dan pengembangan
    4. Kebenaran Logika
    5. User Friendly
  22. Program yang disusun harus memiliki logika dalam pemecahan masalah , harus memiliki ketepatan, ketelitian dan kebenaran sehingga menghasilkan program yang baik...

    1. Portabilitas
    2. Waktu penulisan
    3. Perawatan dan pengembangan
    4. Kebenaran Logik
    5. Efisiensi
  23. Merupakan catatan dari setiap langkah pekerjaan membuat program dari awal sampai akhir, dan biasanya digunakan untuk penelusuran kesalahan dan pengembangan program...

    1. Dokumentasi
    2. Waktu penulisan
    3. Perawatan dan pengembangan
    4. Kebenaran Logika
    5. Penulisan Instruksi
  24. Penulisan program yang struktur programnya tidak selalu berubah, walaupun volume data yang diproses di dalam program. Selain itu pula penulisan program ini bersifat dinamis dan mempunyai tingkat fleksibilitas yang tinggi...

    1. Data Oriented
    2. Program Oriented
    3. Terstruktur Oriented
    4. OOP
    5. Modular programming
  25. Penulisan program yang terstruktur, dimana programnya dapat dipergunakan oleh pengguna secara mudah dan dapat dimengerti tentang proses yang sedang dilakukan oleh program tersebut serta dapat mengatur kebutuhan akan peranti masukan dan keluaran.

    1. Data Oriented
    2. Program Oriented
    3. Terstruktur Oriented
    4. OOP
    5. Progam Interaktif
  26. Mendapatkan pemahaman tentang permasalahan yang ada, sehingga akan diperoleh asumsi yang benar sebelum membuat suatu program disebut...

    1. Definisi Masalah
    2. Desain Algoritma
    3. Bahasa Pemrograman
    4. Testing and Debugging
    5. Pengkodean
  27. Menguji program serta mengoreksi error yang terdeteksi disebut...

    1. Definisi Masalah
    2. Testing and Debugging
    3. Desain Algoritma
    4. Pengkodean
    5. Bahasa Pemrograman
  28. Di bawah ini yang bukan merupakan karakteristik seorang programmer yang baik adalah...

    1. Mampu menyusun algoritma dengan baik dan logis.
    2. Memiliki ketekunan dan ketelitian yang tinggi.
    3. Menguasai bahasa dan teknik penulisan program dengan baik.
    4. Tidak memerlukan kerjasama Tim
    5. Tahan dalam kondisi tertekan (Under Pressure)
  29. Dalam menulis program interaktif diperlukan di bawah ini, kecuali...

    1. program harus dapat mengecek setiap kemungkinan yang penting, yang akan muncul pada data masukan (validasi).
    2. program tidak memerlukan validasi terhadap setiap data yang masuk
    3. Buatlah format masukan sesederhana mungkin
    4. Berikan pesan, apabila program memerlukan suatu waktu tunggu
    5. Berikan keterangan/pesan bila user salah dalam input data
  30. Menentukan kebutuhan spesifikasi fungsi, kemampuan dan fasilitas program yang akan dibuat, disebut...

    1. Definisi masalah
    2. Analisis kebutuhan
    3. Desain Algoritma
    4. Testing dan Debugging
    5. Semua benar
  31. Sebagai sarana komunikasi manusia-komputer, dan sebagai media untuk membuat dan memahami program disebut...

    1. Definisi Masalah
    2. Desain Algoritma
    3. Bahasa Pemrograman
    4. Testing and Debugging
    5. Pengkodean
  32. Dapat disajikan dalam bentukkata-kata (Pseudocode), Struktur Chart, HIPO, Flowchart...

    1. Definisi Masalah
    2. Desain Algoritma
    3. Bahasa Pemrograman
    4. Testing and Debugging
    5. Pengkodean
  33. Mengoreksi kesalahan sampai kesalahan diperbaiki, meliputi penetapan lokasi dan kode error disebut...

    1. Testing
    2. Desain Algoritma
    3. Corrector
    4. Debugging
    5. Pengkodean
  34. Proses menguji program secara intensif untuk menemukan kesalahan (bebas error) disebut...

    1. Testing
    2. Debugging
    3. Desain Algoritma
    4. Corrector
    5. Pengkodean
  35. Pada tipe data terstruktur terdapat tipe data berindeks yang terdiri dari satu atau lebih elemen/komponen yang memiliki tipe data yang sama, adalah...

    1. record
    2. Struct
    3. Array
    4. Statement
    5. Linklist
  36. Tipe data ini digunakan untuk merepresentasikan kumpulan (set) elemen/komponen yang memiliki satu jenis atau lebih tipe data, adalah...

    1. record
    2. Struct
    3. Array
    4. Linklist
    5. a, b, dan d benar
  37. Dibawah ini yang bukan merupakan Simple Statement, adalah...

    1. Assignment Statement
    2. Iteration Statement
    3. Function/Procedure statement
    4. Jump Statement
    5. Statemen Penugasan
  38. Statement yang digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement, adalah...

    1. Assignment Statement
    2. Iteration Statement
    3. Function/Procedure statement
    4. Jump Statement
    5. Penugasan
  39. Jangkauan nilai dari 0 sampai dengan 255 adalah tipe...

    1. Booelan
    2. String
    3. Integer
    4. Real
    5. Byte
  40. Elemen tunggal atau elemen terkecil pada bahasa pemrograman, dapat berupa keyword, operator, dan tanda baca, disebut...

    1. Identifier
    2. Token
    3. Keywords
    4. Array
    5. List
  41. Merupakan elemen nama yang dibuat sendiri oleh programmer, Digunakan dalam tipe data buatan, label, variabel, konstanta, program, unit, field dari record, prosedur dan fungsi, disebut...

    1. Identifier
    2. Token
    3. Keywords
    4. Array
    5. List
  42. Kata yang mempunyai makna khusus sebagai kata tercadang, dan sudah dikenal oleh komputer, tidak boleh dipakai untuk nama label, tipe, variabel, konstanta, prosedur & fungsi, field dari record, program & unit, disebut...

    1. Identifier
    2. Token
    3. Keywords
    4. Array
    5. List
  43. Merupakan simbol-simbol khusus yang digunakan untuk mengoperasikan suatu nilai data (operand), adalah...

    1. Identifier
    2. Token
    3. Keywords
    4. Character
    5. Operator
  44. Untuk menuliskan tipe ini , perlu ditulis di dalam tanda petik tunggal ( ‘ ), adalah...

    1. Identifier
    2. Token
    3. Keywords
    4. Character
    5. Operator
  45. sekumpulan dari beberapa karakter, yang banyaknya berubah- ubah sesuai kebutuhan, besarnya 1 s/d 255 karakter., merupakan tipe data...

    1. Integer
    2. String
    3. Character
    4. Array
    5. Double
  46. Sekumpulan statement yang terdiri dari statemen-statemen lain, termasuk juga iteration dan selection statement...

    1. Simple statement
    2. Jumping Statement
    3. Keywords
    4. Compound Statement
    5. Iteration Statement
  47. Digunakan untuk melakukan perulangan sekumpulan statement (compound statement)...

    1. Simple statement
    2. Jumping Statement
    3. Keywords
    4. Compound Statement
    5. Iter ation Statement
  48. Merupakan blok statement yang dapat dipanggil dari lokasi yang berbeda didalam program...

    1. Function / Procedure
    2. String
    3. Character
    4. Array
    5. Stuct
  49. Ketika procedure atau function dipanggil, dapat melewatkan suatu nilai ke dalam function atau procedure tersebut, dimana nilai yg dilewatkan disebut
  50. Argumen (parameter)
  51. Program utama
  52. passing by value
  53. passing by reference
  54. Iteration
  55. Jika di dalam pemanggilan suatu prosedur/fungsi, parameter tidak dimaksudkan untuk diubah oleh prosedur/fungsi (nilai paramater fungsi  program), sekalipun perubahan telah dilakukan di dalam prosedur/fungsi...

    1. Argumen (parameter)
    2. Program utama
    3. passing by value
    4. passing by reference
    5. Iteration
  56. Jika di dalam pemanggilan suatu prosedur/fungsi , Nilai paramater dalam fungsi = program , Parameter harus dilewatkan dengan cara menambahkan tanda “&” di dalam deklarasi prosedur/fungsi , disebut...

    1. Argumen (parameter)
    2. Program utama
    3. passing by value
    4. passing by reference
    5. Iteration
  57. Diagram alir yang menggambarkan suatu sistem peralatan komputer yang digunakan dalam proses pengolahan data serta hubungan antar peralatan tersebut, adalah...

    1. Sistem Flowchart
    2. Application Flowchart
    3. Program Flowchart
    4. Paket Flowchart
    5. UML
  58. Simbol flowchart yang menggambarkan Keyboard adalah...

  59. Simbol flowchart yang menggambarkan Process adalah...

  60. Simbol flowchart yang menggambarkan pengujian pada program adalah...

  61. Simbol flowchart yang menggambarkan konektor satu halaman adalah...

  62. Metode untuk menggambarkan tahap-tahap pemecahan masalah dengan menggambarkan simbol-simbol tertentu yang mudah dimengerti, mudah digunakan dan standar disebut...

    1. Sistem Flowchart
    2. Application Flowchart
    3. Program Flowchart
    4. Paket Flowchart
    5. Flowchart
  63. Bentuk kesalahan program yang disebabkan karena kesalahan dalam hal penulisan instruksi program disebut...

    1. Syntax error
    2. Runtime error
    3. Logic error
    4. Simantic error
    5. Leksikal error
  64. Dibawah ini Bahasa pemrograman yang dapat menghasilkan file EXECUTABLE adalah, kecuali...

    1. PASCAL
    2. BASIC
    3. C
    4. VISUAL BASIC
    5. DELPHI
  65. Menterjemahkan instruksi-instruksi dalam satu kesatuan modul ke dalam bahasa mesin sehingga dihasilkan suatu file executable, adalah penterjemah bahasa pemrograman, yaitu...

    1. Assembler
    2. Compiler
    3. Interpreter
    4. Debugging
    5. Profiling
  66. Z = ( 10 / 0 ) adalah contoh dari kesalahan program...

    1. Syntax error
    2. Runtime error
    3. Logic error
    4. Simantic error
    5. Leksikal error
  67. Akar minus (bilangan negatif) adalah contoh dari kesalahan program...

    1. Syntax error
    2. Runtime error
    3. Logic error
    4. Simantic error
    5. Leksikal error
  68. Bentuk kesalahan program yang disebabkan karena HUMAN-ERROR-LOGIC (kesalahan logika program yang dibuat oleh programmer), disebut...

    1. Syntax error
    2. Runtime error
    3. Simantic error
    4. Leksikal error
    5. Logic error
  69. Source program terus dipergunakan karena tidak dihasilkan executable program, termasuk kedalam jenis penterjemah...

    1. Compiler
    2. b.Translator
    3. Logic error
    4. Interpreter
    5. Leksikal error
  70. Penterjemah bahasa pemrograman yang menterjemahkan instruksi demi instruksi pada saat eksekusi program...

    1. Compiler
    2. Translator
    3. Logic error
    4. Interpreter
    5. Leksikal error
  71. Proses kompilasi terasa lama, karena sekaligus menterjemahkan seluruh instruksi program, termasuk karakteristik penterjemah dari...

    1. Interpreter
    2. Runtime error
    3. Logic error
    4. Compiler
    5. Leksikal error
  72. Bila terjadi kesalahan kompilasi, source program harus diperbaiki dan proses kompilasi diulang kembali, termasuk karakteristik penterjemah dari...

    1. Interpreter
    2. Runtime error
    3. Logic error
    4. Compile
    5. Leksikal error

Demikian soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah Teknik Pemrograman di bsi dan nusa mandiri terbaru. Semoga soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah Teknik Pemrograman ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi kita semua. Terimakasih...

Komentar