Kunci Jawaban E-Learning PTIK BSI dan Nusa Mandiri (Quiz, UTS, UAS, dan HER) Terbaru

Berikut ini adalah kisi-kisi soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS, dan HER matakuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) terbaru hasil ringkasan dari pertemuan 1, pertemuan 2, pertemuan 3, pertemuan 4, pertemuan 5, pertemuan 6, pertemuan 9, pertemuan 10, pertemuan 11, pertemuan 12, pertemuan 13, dan pertemuan 14 di kampus Akademi Mananajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bina Sarana Informatika (BSI) dan Nusa Mandiri.

Soal dan kunci jawaban Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) ini telah diperbaharui dan diperbaiki sehingga kebenaran jawabannya sesuai dengan modul/materi.

  1. Hal yang BUKAN Penyebab ketertinggalan Indonesia dalam bidang ilmu pengetahuan dan teknologi adalah...

    1. Terbatasnya jumlah orang Indonesia yang mendapat pendidikan terutama pendidikan tinggi
    2. Kurangnya inovasi teknologi yang berarti di dalam masyarakat Indonesia sendiri.
    3. Masyarakat Indonesia jarang terlibat langsung dalam pengembangan iptek
    4. Minimnya industrialisasi.
    5. Pemerintah membiayai seluruh riset yang dilakukan peneliti muda
  2. Hal yang BUKAN arah pembangunan iptek adalah sebagai berikut...

    1. Meningkatkan produktivitas dan efisiensi.
    2. Memperluas lapangan kerja.
    3. Jangkauan akses internet yang belum merata di daerah pedalaman
    4. Meningkatkan kualitas harkat dan martabat bangsa serta meningkatkan kesejahteraan rakyat.
    5. Pemanfaatan pengembangan dan penguasaannya dapat mempercepat proses pembaharuan.
  3. Kemampuan teknologi dan rekayasa yang mendasari kemampuan bangsa Indonesia dalam melakukan inovasi. Merupakan kebijaksanaan iptek dalam sektor…

    1. Sektor Teknologi
    2. Sekor Produksi
    3. Sektor Ilmu Pengetahuan Dasar
    4. Sektor Kelembagaan Iptek
    5. Sektor Ilmu Pengetahuan Terapan
  4. Kemajuan dan Manfaat iptek dalam bidang komunikasi (radio, TV, telephon, handphone, Internet, dll) adalah…

    1. Meninggikan taraf hidup
    2. Lebih mudah dalam mengerjakan pekerjaan
    3. Mengurangi biaya hidup
    4. Penggunaan waktu lebih efisien dan cepat mendapatkan informasi
    5. Mengikuti tren teknologi masa depan
  5. Contoh inovasi teknologi dalam pelopor aplikasi lengkap mulai dari transportasi, logistik, pembayaran, layanan antar makanan dan berbagai layanan on-demand melalui panggilan telepon di Indonesia adalah…

    1. Blue-Jek
    2. UBER
    3. Ok-Jek
    4. Grabbike
    5. GO-JEK
  6. Kemampuan dan karakteristik internet memungkinkan terjadinya proses belajar mengajar jarak jauh (E-Learning) menjadi lebih efektif dan efisien sehingga dapat diperoleh hasil yang lebih baik termasuk dalam contoh penerapan tenologi informasi dalam bidang...

    1. Bidang Kesehatan
    2. Bidang Industry
    3. Bidang Pemerintah
    4. Bidang Pendidikan
    5. Bidang Bisnis
  7. Dalam dunia bisnis yang sangat erat kaitannya dengan transaksi jual-beli, pemanfaatan Teknologi Informasi dapat dimanfaatkan pula untuk sarana perdagangan secara elektronik atau dikenal sebagai E-Commerce, termasuk dalam contoh penerapan tenologi informasi dalam bidang...

    1. Bidang Industry
    2. Bidang Kesehatan
    3. Bidang Bisnis
    4. Bidang Pemerintah
    5. Bidang Pendidikan
  8. Teknologi Informasi dan Komunikasi yang dikembangkan dalam pemerintahan atau yang disebut dengan e-goverment membuat masyarakat semakin mudah dalam mengakses kebijakan pemerintah sehingga program yang dirancangkan pemerintah dapat berjalan dengan lancer termasuk dalam contoh penerapan tenologi informasi dalam bidang...

    1. Bidang Kesehatan
    2. Bidang Industry
    3. Bidang Pemerintah
    4. Bidang Bisnis
    5. Bidang Pendidikan
  9. Teknologi Informasi adalah telah diterapkannya transaksi perbankan lewat internet atau dikenal dengan Internet Banking, termasuk dalam contoh penerapan tenologi informasi dalam bidang...

    1. Bidang Kesehatan
    2. Bidang Perbankkan
    3. Bidang Pendidikan
    4. Bidang Industry
    5. Bidang Pemerintah
  10. Sistem yang berbasis kartu cerdas (smart card). Sistem ini dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit, termasuk dalam contoh penerapan teknologi informasi dalam bidang...

    1. Bidang Kesehatan
    2. Bidang Pendidikan
    3. Bidang Industry
    4. Bidang Pemerintah
    5. Bidang Perbankan
  11. Peralatan perangkat keras(hardware) dalam sebuah struktur organisasi yang mengandung nilai-nilai sosial, yang memungkinkan setiap individu mengumpulkan, memproses, dan saling tukar menukar informasi dengan individu-individu lainnya, merupakan perngertian dari...

    1. Informasi
    2. Komunikasi
    3. Teknologi Informasi
    4. Teknologi Komunikasi
    5. Tekonologi
  12. Usaha untuk mengumpulkan informasi tentang teknologi komunikasi, memahami dengan seksama dan merencenakannya untuk mengadopsinya, merupakan pengertian dari...

    1. Komunikasi
    2. Teknologi Informasi
    3. Tahapan Inisiasi
    4. Tahapan Implementasi
    5. Teknologi Komunikasi
  13. Seluruh kegiatan yang dilakukan untuk menggunakan teknologi komunikasi yang di inginkan, merupakan pengertian dari...

    1. Teknologi Komunikasi
    2. Tahapan inisiasi
    3. Tahapan Implementasi
    4. Teknologi Informasi
    5. Komunikasi
  14. Tahapan Inisiasi terdapat 2 tingkatan, antara lain...

    1. Tahapan Agenda-Setting dan Tahapan Clarifying
    2. Tahapan Redefining dan Tahapan Matching
    3. Tahapan Clarifying dan Tahapan Matching
    4. Tahapan Agenda-Setting dan Tahapan Matching
    5. Tahapan Agenda-Setting dan Tahapan Routinizing
  15. Tahapan Implamentasi terdapat 3 tingkatan, antara lain...

    1. Tahapan Agenda-Setting, Tahapan Clarifying dan
    2. Tahapan Agenda-Setting, Tahapan Clarifying dan tahapan Matching
    3. Tahapan Agenda-Setting, Tahapan Routinizing dan Tahapan Routinizing
    4. Tahapan Clarifying, Tahapan Redefining dan Tahapan Matching
    5. Tahapan Redefining, Tahapan Clarifying dan Tahapan Routinizing
  16. Meyakinkan pada semua anggota (bagi sebuah lembaga) atau diri sendiri (bagi individu) tentang sejarah teknologi komunikasi, sehingga tidak lagi menjadi sesuatu yang asing, merupakan pengertian tahapan...

    1. Tahapan Redefining
    2. Tahapan Routinizing
    3. Tahapan Matching
    4. Tahapan Agenda-Setting
    5. Tahapan Clarifying
  17. Mengatur, menyusun dan memodifikasi struktur organisasi (bagi sebuah lembaga) atau mental serta kebiasaan (bagi individu) untuk keperluan teknologi komunikasi yang diinginkan merupakan pengertian tahapan…

    1. Tahapan Redefining
    2. Tahapan Matching
    3. Tahapan Clarifying
    4. Tahapan Routinizing
    5. Tahapan Agenda-Setting
  18. Munculnya ide untuk mengadopsi teknologi komunikasi demi menyelesaikan permasalahan informasi yang muncul, merupakan pengertian tahapan...

    1. Tahapan Redefining
    2. Tahapan Agenda-Setting
    3. Tahapan Clarifying
    4. Tahapan Matching
    5. Tahapan Routinizing
  19. Kecocokan teknologi komunikasi yang diperlukan dan kemampuan untuk mengadopsinya, merupakan pengertian tahapan...

    1. Tahapan Routinizing
    2. Tahapan Agenda-Setting
    3. Tahapan Matching
    4. Tahapan Redefining
    5. Tahapan Clarifying
  20. Teknologi komunikasi sudah dapat diketahui secara jelas dan menjadi bagian dari infrastruktur (pondasi/tata letak) sebuah organisasi (bagi lembaga) atau sebagai pelengkap bagi kehidupan individu, merupakan pengertian tahapan...

    1. Tahapan Matching
    2. Tahapan Redefining
    3. Tahapan Routinizing
    4. Tahapan Clarifying
    5. Tahapan Agenda-Setting
  21. Komputer yang memberikan layanan untuk komputer klien adalah...

    1. Server
    2. Hub
    3. Client
    4. PC
    5. Jaringan Komputer
  22. Kabel yang terbuat dari kaca atau plastik yang sangat halus dan lebih kecil dari sehelai rambut, dan dapat digunakan untuk mentransmisikan sinyal cahaya dari suatu tempat ke tempat lain...

    1. Kabel FTP
    2. Kabel Twisted Pair
    3. Kabel Coaxial
    4. Kabel UTP
    5. Kabel Fiber Optic
  23. Komputer yang menerima layanan/fasilitas yang disediakan oleh komputer server disebut...

    1. Jaringan Komputer
    2. Server
    3. hub
    4. Client
    5. PC
  24. Yang merupakan Kelebihan dari Jaringan Client Server...

    1. Server Selalu mengalami kegagalan
    2. Server tidak terbebani sebagai workstation sehingga memiliki kecepatan akses yang lebih tinggi
    3. Komputer yang akan dijadikan server haruslah komputer yang memiliki spesifikasi tinggi
    4. Karena yang mengatur hubungan antara server dan workstation adalah server, maka apabila server mengalami gangguan, seluruh jaringan akan terganggu
    5. Biaya operasional yang mahal
  25. Bentuk jaringan komputer lokal yang luas areanya sangat terbatas biasanya untuk jaringan rumahan, kantor, laboratorium komputer dimana masing-masing komputer dapat saling berinteraksi, bertukar data, merupakan bentuk jaringan...

    1. MAN
    2. LAN
    3. PAN
    4. WAN
    5. CAN
  26. Kumpulan transistor yang dipadatkan dalam komponen elektronika, adalah merupakan...

    1. VSAT dan DSL
    2. Tanpa kabel (Wireless)
    3. Kabel serat optik
    4. Kabel UTP
    5. Kabel BNC
  27. Implementasi murah dan mudah, tidak memerlukan software administrasi jaringan dan tidak membutuhkan administrasi jaringan, merupakan kelebihan jaringan...

    1. Peer-to-peer
    2. Star
    3. Terpusat
    4. Client/Server
    5. BUS
  28. Bentuk Jaringan komputer dengan skala yang sangat luas berupa jaringan komputer antar kota, pulau, negara bahkan benua adalah...

    1. MAN (Metropolitan Area Network)
    2. WAN (Wide Area Network)
    3. CAN (Campus Area Network)
    4. PAN (Personal Area Network)
    5. LAN (Local Area Network)
  29. 9. Yang Bukan termasuk keuntungan Jaringan Komputer adalah…

    1. Pengguna peralatan (hardware), data, program dan informasi secara bersama
    2. Salah satu media komunikasi tanpa pulsa
    3. Meringankan pekerjaan karyawan
    4. Sistem informasi yang terintegrasi
    5. Menghemat waktu dan biaya transportasi informasi, data karena aliran dapat dengan cepat dan memiliki jangkauan yang luas.
  30. Kumpulan dari beberapa komputer yang dihubungkan satu dengan yang lainnya dengan menggunakan protokol komunikasi adalah...

    1. Jaringan Telepon
    2. Jaringan Komunikasi
    3. Internet
    4. Intranet
    5. Jaringan Komputer
  31. Jaringan komputer yang menggunakan kabel sebagai media penghantar adalah…

    1. Wireless
    2. Near Network
    3. Personal Network
    4. Wire Network
    5. Local Network
  32. Kabel yang terdiri dari tembaga tunggal di tengah di lapisi oleh plastik dan pelindung metal sebagi proteksi dari interferensi luar merupakan kabel jenis…

    1. Wireless
    2. Coaxial
    3. Fiber Optic
    4. UTP
    5. Twisted pair
  33. Repeater dipasang jika jarak kabel UTP sudah lebih dari… .

    1. 500 m
    2. 200 m
    3. 400 m
    4. 100 m
    5. 300 m
  34. Kabel jaringan berikut yang paling cepat untuk transfer data adalah… .

    1. STP
    2. Fiber Optic
    3. UTP
    4. Coaxial
    5. Thick Coaxial
  35. Konektor yang digunakan oleh media kabel Coaxial adalah… .

    1. PCMCIA
    2. RAID
    3. BNC
    4. RJ-45
    5. Bridge
  36. Sebutkan yang bukan kelebihan mengunakan Wireless LAN...

    1. Mudah dan murah untuk direlokasi dan mendukung portabilitas
    2. Pemeliharaan murah
    3. Rentan terhadap noice
    4. Pembangunan cepat
    5. Infrastruktur berdimensi kecil
  37. Teknologi tanpa kabel, dalam hal ini adalah melakukan hubungan telekomunikasi dengan menggunakan gelombang elektromagnetik sebagai pengganti kabel disebut dengan....

    1. Kabel
    2. WireNetwork
    3. STP
    4. Wireless
    5. UTP
  38. Kabel yang paling sering digunakan untuk kabel telpon yaitu.....

    1. Thin
    2. Thick
    3. RJ-45
    4. Fiber Optic
    5. Single mode
  39. Kebanyakan frequensi untuk wireless yaitu…

    1. 2,2 GHz
    2. 2,5 GHz
    3. 2,4 GHz
    4. 2,1 GHz
    5. 4,2 GHz
  40. Yang Bukan Kelebihan kabel Single mode adalah...

    1. Harga relatif mahal
    2. Redaman transmisinya kecil
    3. Ukuran kecil dan ringan
    4. Bidang frekuensinya lebar
    5. Sulit dipengaruhi interferensi/ gangguan
  41. Penyebaran, pembelian, penjualan, pemasaran barang dan jasa melalui sistem elektronik seperti internet atau televisi, www, atau jaringan komputer lainnya adalah...

    1. m-Banking
    2. e-Procurement
    3. eBay
    4. e-Commerce
    5. e-Banking
  42. Pembuatan electronic KTP yang sekarang sedang digalakan merupakan peranan TIK dalam bidang...

    1. Pemerintah
    2. Kesehatan
    3. Ekonomi
    4. Manufaktur
    5. Militer
  43. Sebutkan Contoh Penerapan TIK pada bidang pendidikan…

    1. E-Learning
    2. E-Banking
    3. E-Government
    4. E-Voting
    5. E-Commerce
  44. Kepanjangan ATM dalam bahasa Indonesia adalah

    1. Automatic Teller Machine
    2. Anjungan Tunai Mesin
    3. Automatik Tunai Mandiri
    4. Anjungan Tunai Mandiri
    5. Automated Teller Machine
  45. Aplikasi dan peranan dari e-Banking yang bukan diterapkan bank-bank di Indonesia adalah…

    1. Bitcoin
    2. Internet Banking
    3. ATM
    4. Phone Banking
    5. SMS/m-Banking
  46. yang Bukan peranan TIK dalam bidang pendidikan adalah...

    1. TIK sebagai infrastruktur pembelajaran
    2. TIK sebagai sumber bahan belajar
    3. TIK sebagai media percepatan pembelajaran
    4. TIK sebagai alat bantu dan fasilitas pembelajaran
    5. TIK sebagai skill dan kompetensi
  47. Dalam mempromosikan dan meningkatkan pariwisata dan kebudayaan daerah saat ini dapat menggunakan internet. Yaitu dengan membuat blog, web dan youtube yang berisikan tempat-tempat wisata yang menonjolkan kebudayaan daerah. Ini merupakan contoh peran TIK dalam bidang...

    1. Bidang Politik
    2. Bidang Kesehatan
    3. Bidang Pariwisata dan Kebudayaan
    4. Bidang pendidikan
    5. Bidang Ekonomi
  48. Yang Bukan peran e-Voting dalam TIK pada bidang Politik adalah...

    1. Mempersulit pemilih
    2. Memberikan peningkatan aksesibilitas bagi para pemilih cacat
    3. Mempercepat dan mengurangi kesalahan dalam perhitungan suara
    4. Dapat memfasilitasi kecurangan dalam pemilu
    5. Memudahkan dalam proses pemungutan suara
  49. Komputer digunakan pada proses perencanaan sebuah produk baru melalui program desain, seperti Computer Aided Design (CAD) merupakan peranan TIK dalam bidang...

    1. Militer
    2. Ekonomi
    3. Kesehatan
    4. Pemerintah
    5. Manufaktur
  50. Kepanjangan dari GPS adalah

    1. Global Positioning Sistems
    2. Global Position Sistem
    3. Global Position Systems
    4. Global Positioning System
    5. Global Positioning Sistem
  51. Sisi gelap dari hacker dan memiliki ketertarikan untuk mencuri informasi, melakukan berbagai macam kerusakan dan sesekali waktu juga melumpuhkan seluruh sistem komputer adalah...

    1. Sistem Informasi
    2. Programmer
    3. Hacker
    4. Cracker
    5. Sistem analis
  52. Pencantuman URL website yang menjadi referensi tulisan kita baik di media cetak atau elektronik merupakan salah satu penerapan penggunaan Teknologi Informasi…

    1. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan
    2. Menjunjung tinggi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI)
    3. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain
    4. Menggunakan perangkat lunak yang asli
    5. Tidak memasuki sistem informasi orang lain secara illegal
  53. Merupakan perjudian dengan menggunakan wireless device, seperti PDAs, Wireless tabled PCs, berapa casino online dan poker online menawarkan pilihan mobile adalah…..

    1. Piracy
    2. Froud
    3. Mobile Gambling
    4. Denial of Service Attack
    5. Forgery
  54. Berikut hal-hal yang BUKAN kita terapkan dalam menggunakan Teknologi Informasi & Komunikasi...

    1. Menggunakan TIK untuk hal yang bermanfaat
    2. Tidak mengubah, mengurangi, atau menambah hasil karya orang lain
    3. Menggunakan software hasil download di internet
    4. Tidak menggunakan perangkat lunak untuk suatu kejahatan
    5. Menggunakan perangkat lunak yang asli
  55. Suatu usaha untuk membuat suatu sumber daya komputer yang ada tidak bisa digunakan oleh para pemakai yaitu….

    1. Denial of Service Attack
    2. Forgery
    3. Froud
    4. Piracy
    5. Gambling
  56. Kejahatan ini dilakukan dengan tujuan memalsukan data pada dokumen dokumen penting yang ada di internet. Dokumen dokumen ini biasanya dimiliki oleh institusi atau lembaga yang memiliki situs berbasis web database adalah…

    1. Gambling
    2. Denial of Service Attack
    3. Froud
    4. Forgery
    5. Piracy
  57. “Barang siapa dengan sengaja dan tanpa hak memperbanyak penggunaan untuk kepentingan komersial suatu program komputer dipidana dengan pidana penjara paling lama 5tahun dan/atau denda paling banyak Rp. 1.000.000.000,00”. Merupakan undang-undang HAKI yaitu….

    1. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 3
    2. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 2
    3. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1a
    4. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1b
    5. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1
  58. Sebagai seorang yang memiliki keinginan untuk melakukan eksplorasi dan penetrasi terhadap sebuah sistem operasi dan kode komputer pengaman lainya tetapi tidak melakukan tindakan pengerusakan apapun tidak mencuri uang atau informasi…

    1. Programmer
    2. Phishers
    3. Hacker
    4. Cracker
    5. Scammer
  59. Adanya situs lelang fiktif yang melibatkan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan kartu kredit, merupakan Pelanggaran Etika Penggunaan Teknologi Informasi & Komunikasi, yaitu….

    1. Pelanggaran Piracy
    2. Fraud*H
    3. Data Forgery
    4. Denial of Service Attack (DoS Attack)
    5. Gambling
  60. Memberikan bantuan kepada manusia untuk menyelesaikan masalah, menghasilkan kreativitas, untuk membuat manusia lebih bermakna jika tanpa menggunakan teknologi informasi dalam aktivitasnya….

    1. Tujuan Teknologi Informasi
    2. Definisi Sistem Informasi
    3. Prinsip Teknologi Informasi
    4. Definisi Teknologi Informasi
    5. Tujuan Sistem Informasi
  61. Berfungsi untuk mengubah sinyal analog menjadi digital dan sebaliknya, adalah…

    1. Keyboard
    2. Thermal
    3. Ploter
    4. Printer
    5. Modem
  62. Yang termasuk dalam softcopy devices adalah…

    1. Printer
    2. Monitor
    3. Memori
    4. Mouse
    5. Keyboard
  63. Alat yang merupakan pusat pengolahan serta pusat pengontrolan seluruh sistem komputer yang sedang melakukan pekerjaannya, adalah…

    1. ALU
    2. CU
    3. Memory
    4. CPU
    5. Keyboard
  64. Alat ini menggunakan pena elektronik atau alat salin semacam mouse yang disebut puck untuk mengubah gambar dan foto ke dalam bentuk data digital…

    1. Digitizer
    2. Modem
    3. Scanner
    4. Keyboard
    5. Joystick
  65. Penggerak untuk pemakaian media floppy disk (disket) sebagai memori eksternal adalah…

    1. Console
    2. Tape Drive
    3. CD-RW
    4. Card Reader
    5. Disk Drive
  66. Alat membaca dan menulis pada Compact Disk (CD) adalah…

    1. Disk Drive
    2. Tape Drive
    3. D-Drive
    4. CD-ReadWriter
    5. Card Reader
  67. Berdasarkan dari kebutuhannya, penggunaan memory merupakan suatu keharusan, contohnya adalah…

    1. RAM & Harddisk Salah
    2. RAM
    3. Harddisk
    4. RAM & Harddisk Benar
    5. ROM
  68. Data dimasukkan dengan cara melukiskan pena pada suatu media. Alat input yang digunakan adalah…

    1. Scanner
    2. Bar code reade
    3. Modem
    4. Light Pen
    5. Joy stick
  69. Electronic Filing Cabinet merupakan sebutan untuk…

    1. Memori
    2. Keyboard
    3. CPU
    4. Printer
    5. Monitor
  70. Bagian yang melaksanakan operasi perhitungan dan logika adalah…

    1. Memory
    2. Modem
    3. Control Unit
    4. Storage
    5. Arithmatic Logical Unit
  71. Dibawah ini yang bukan termasuk program CAD, yaitu...

    1. Page Maker
    2. Corel Draw
    3. Pro Design
    4. Adobe Photoshop
    5. Autocad
  72. Dibawah ini yang bukan termasuk Sistem Operasi, yaitu

    1. Linux
    2. Visual Basic
    3. Windows
    4. DOS
    5. Unix
  73. Salah satu program aplikasi yang berfungsi untuk bidang keuangan, pembukuan, atau melakukan perhitungan secara otomatis, pengertian dari...

    1. Web Processing
    2. Program CAD
    3. Program Spreadsheet
    4. Program Database
    5. Program Layout Artikel
  74. Salah satu program aplikasi yang berfungsi khusus untuk mengatur tata letak obyek yang digunakan pada cover suatu media cetak/Elektronik, pengertian dari...

    1. Web Processing
    2. Program CAD
    3. Program Spreadsheet
    4. Program Database
    5. Program Layout Artikel
  75. Dibawah ini yang bukan termasuk program Layout Artikel, yaitu...

    1. Pro Design
    2. Page maker
    3. Harvard Publisher
    4. Newmater
    5. Ventura
  76. Perangkat lunak yang bertugas mengkonversikan arsitektur dan algoritma yang di rancang manusia ke dalam format yang dapat di jalankan komputer, disebut...

    1. Browser
    2. Database
    3. Website
    4. Sistem Operasi
    5. Bahasa pemrograman
  77. Dibawah ini yang termasuk Bahasa pemrograman Tingkat Rendah, yaitu...

    1. BASIC & FORTRAN
    2. COBOL & PASCAL
    3. ASSEMBLY LANGUANGE & COBOL
    4. BASIC & COBOL
    5. ASSEMBLY LANGUANGE & RPG
  78. Dibawah ini yang bukan termasuk program Format-format digital multimedia, yaitu

    1. MP3
    2. AVI
    3. Harvard Publisher
    4. MPEG
    5. MIDI
  79. Dibawah ini yang termasuk Bahasa pemrograman Tingkat Tinggi, yaitu...

    1. COBOL, BASIC & PASCAL
    2. BASIC, RPG & FORTRAN
    3. BASIC, ASSEMBLY LANGUANGE & COBOL
    4. ASSEMBLY LANGUANGE, RPG & COBOL
    5. ASSEMBLY LANGUANGE, COBOL & FORTRAN
  80. Dibawah ini yang bukan termasuk Bahasa pemrograman, yaitu...

    1. COBOL
    2. PASCAL
    3. FORTRAN
    4. C++
    5. Windows
  81. Sistem perdagangan elektronik dengan menggunakan peralatan portable/mobile seperti telepon genggam, telepon pintar, PDA, notebook, adalah….

    1. E-Commerce
    2. E-Learning
    3. E-Voting
    4. M-Commerce
    5. L-Commerce
  82. Sistem voting elektronik atau DRE (Direct Recording Electronic), merupakan aplikasi dan peranan teknologi informasi & komunikasi dalam bidang…

    1. Sosial Budaya
    2. Politik
    3. Pendidikan
    4. Kesehatan
    5. Kepolisian
  83. Untuk menagkap, menginterprestasi, menyimpan, dan menyampaikan atau mentransmisikan informasi, merupakan teknologi…

    1. Teknologi Informasi
    2. Teknologi Komunikasi
    3. Teknologi Sistem Informasi & Komunikasi
    4. Teknologi Sistem Informasi
    5. Teknologi Informasi & Komunikasi
  84. Contoh aplikasi dan peranan teknologi informasi & komunikasi dalam bidang pendidikan adalah...

    1. E-Learning
    2. E-Banking
    3. E-Voting
    4. E-Commerce
    5. E-Government
  85. Dalam bidang pendidikan peranan TIK sebagai infrastuktur pembelajaran adalah...

    1. Tersedianya bahan ajar dalam format digital
    2. Buku dan bahan ajar diperbarui secara continue
    3. Ilmu berkembang dengan cepat
    4. Tiap individu memiliki karakter dan bakat masing-masing dalam pembelajaran
    5. Guru meningkatkan kompetisinya pada berbagai bidang ilmu
  86. yang Bukan termasuk peran TIK dalam bidang ekonomi adalah...

    1. E-Transaction
    2. E-Banking
    3. M-Commerce
    4. E-Commerce
    5. L-Commerce
  87. Meningkatnya diversifikasi produk wisata yang kompetitif, merupakan peran TIK dalam bidang...

    1. Pendidikan
    2. Kesehatan
    3. Pariwisata & Kebudayaan
    4. Kepolisian
    5. Politik
  88. Sistem perdagangan elektronik yang menekankan pada pencarian informasi yang dihasilkan oleh peralatan GPS dan satelit, adalah...

    1. E-Learning
    2. L-Commerce
    3. E-Commerce
    4. M-Commerce
    5. E-Voting
  89. Dengan sistem berbasis smart card dapat digunakan juru medis untuk mengetahui riwayat penyakit pasien yang datang ke rumah sakit karena dalam kartu tersebut para juru medis dapat mengetahui riwayat penyakit pasien. Hal tersebut merupakan peranan dalam bidang...

    1. Pemerintah
    2. Ekonomi
    3. Kesehatan
    4. Sosial
    5. Pelayanan publik
  90. Menyediakan informasi ekonomi dan data-data statistic ekonomi dan keuangan yang up to date, merupakan point yang termasuk dalam peranan TIK pada bidang...

    1. Kesehatan
    2. Sosial
    3. Ekonomi
    4. Pelayanan publik
    5. Pemerintah
  91. Kejahatan yang dilakukan oleh netter tingkat pemula untuk sekedar mencoba kekurang handalan sistem sekuritas suatu perusahaan, merupakan pelanggaran etika TIK jenis…

    1. Crackers/Criminal Minded hackers
    2. Recreational Hackers
    3. Denial of Service Attack
    4. Political Hackers
    5. Tax heaven
  92. Menggabungkan bidang teknologi seperti pengkomputeran, telekomunikasi dan elektronik dan bidang informasi seperti data, fakta dan proses, disebut juga…

    1. Teknologi Komunikasi
    2. Teknologi Informasi
    3. Teknologi Informasi & Komunikasi
    4. Teknologi Sistem Informasi
    5. Teknologi Sistem Informasi & komunikasi
  93. Kejahatan dilakukan dengan tujuan memalsukan data pada dokumen-dokumen penting yang ada di internet, merupakan pelanggaran etika TIK jenis…

    1. Paedophilia
    2. Pelanggaran Piracy
    3. Mobile gambling
    4. Data Forgery
    5. Fraud
  94. Undang-Undang yang mengatur Untuk melindungi Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) adalah…

    1. UU nomor 19 tahun 2001 pasal 27 ayat 1, 2, 3.
    2. UU nomor 9 tahun 2000 pasal 27 ayat 1
    3. UU nomor 20 tahun 2002 pasal 72 ayat 1, 2
    4. UU nomor 29 tahun 2001 pasal 2 ayat 2
    5. UU nomor 19 tahun 2002 pasal 72 ayat 1, 2, 3.
  95. Sekumpulan azas atau nilai yang berkenaan dengan akhlak, tata cara (adat, sopan santun) nilai mengenai benar dan salah tentang hak dan kewajiban yang dianut oleh suatu golongan atau masyarakat, disebut juga…

    1. Etika
    2. Norma
    3. Aturan
    4. Hukum
    5. Etiks
  96. Suatu usaha untuk membuat suatu sumber daya komputer yang ada tidak bisa digunakan oleh para pemakai, disebut juga kejahatan…

    1. Tax heaven
    2. Crackers/Criminal Minded hackers
    3. Recreational Hackers
    4. Political Hackers
    5. Denial of Service Attack
  97. Merupakan kejahatan penyimpangan seksual yang lebih condong kearah anak-anak (child phornography), merupakan pelanggaran etika TIK jenis…

    1. Data Forgery
    2. Mobile gambling
    3. Fraud
    4. Pedophilia
    5. Pelanggaran Piracy
  98. Pemakaian lisensi melebihi kapasitas, diistilahkan dengan sebutan…

    1. Communicating
    2. Infinitve
    3. Softlifting
    4. Softskill
    5. Hardskill
  99. Kejahatan manipulasi informasi dengan tujuan mengeruk keuntungan yang sebesar besarnya, merupakan pelanggaran etika TIK jenis…

    1. Paedophilia
    2. Pelanggaran Piracy
    3. Mobile gambling
    4. Data Forgery
    5. Fraud
  100. Situs lelang fiktif yang melibatkan berbagai macam aktifitas yang berkaitan dengan kartu kredit, adalah contoh kejahatan jenis…

    1. Mobile gambling
    2. Pelanggaran Piracy
    3. Data Forgery
    4. Paedophilia
    5. Fraud
  101. Mendorong Tindakan Konsumtif dan Pemborosan dalam Masyarakat termasuk dampak Negatif teknologi informasi dan komunikasi dalam Bidang...

    1. Bidang Perbankkan
    2. Bidang Sosial Budaya
    3. Bidang Pemerintahan
    4. Bidang Perniagaan dan perdaganggan
    5. Bidang Pendidikan
  102. Dibawah ini yang bukan termasuk dampak Positif Teknologi Informasi dan Komunikasi di bidang pendidikan yaitu...

    1. Sistem administrasi pada sebuah lembaga pendidikan akan semakin mudah dan lancar karena penerapan sistem TIK.
    2. Meningkatkan layanan kepada masyarakat
    3. Informasi yang dibutuhkan akan semakin cepat dan mudah di akses untuk kepentingan pendidikan.
    4. Kemajuan TIK juga akan memungkinkan berkembangnya kelas virtual atau kelas yang berbasis teleconference yang tidak mengharuskan sang pendidik dan peserta didik berada dalam satu ruangan.
    5. Inovasi dalam pembelajaran semakin berkembang dengan adanya inovasi e-learning yang semakin memudahkan proses pendidikan.
  103. Kemajuan TIK juga akan semakin mempermudah terjadinya pelanggaran terhadap Hak Atas Kekayaan Intelektual (HAKI) karena semakin mudahnya mengakses data menyebabkan orang yang bersifat plagiatis akan melakukan kecurangan termasuk dampak negatif teknologi informasi dan komunikasi dalam Bidang...

    1. Bidang Pendidikan
    2. Bidang Sosial Budaya
    3. Bidang Pemerintahan
    4. Bidang Perbankkan
    5. Bidang Perniagaan dan pedaganggan
  104. Dibawah ini yang bukan termasuk Dampak negatif TIK di bidang pemerintahan yaitu...

    1. Mendorong Tindakan Konsumtif dan Pemborosan dalam Masyarakat.
    2. Penggunaan persenjataan canggih untuk menyerang pihak lain demi kekuasaan dan kekayaan suatu negara.
    3. Munculnya kejahatan jenis baru.
    4. Terorisme yang semakin merajalela.
    5. Kurangnya privacy suatu negara akibat kerahasiaan yang tidak terjamin dengan semakin canggihnya alat –alat pendeteksi.
  105. Meningkatkan Layanan kepada Masyarakat termasuk dampak positif teknologi informasi dan komunikasi dalam Bidang...

    1. Bidang Sosial Budaya
    2. Bidang Pendidikan
    3. Bidang Perbankkan
    4. Bidang Pemerintahan
    5. Bidang Perniagaan dan pedaganggan
  106. Dibawah ini yang bukan termasuk Dampak positif teknologi informasi dan komunikasi di bidang perniagaan dan perdagangan, yaitu...

    1. Menjamurnya bisnis berbasis internet
    2. Konsumen tidak perlu mndatangi toko untuk mendapatkan barang.
    3. Produktifitas dunia industri semakin meningkat
    4. Terorisme yang semakin merajalela
    5. Pembeli dapat menghemat waktu dan biaya transportasi dalam berbelanja.
  107. Dibawah ini yang termasuk Dampak negatif TIK dalam bidang sosial dan budaya yaitu...

    1. Menurunnya tingkat kepercayaan kepada lingkungan sekitar.Kemudahan akses informasi semakin melemahkan rasa percaya pada orang-orang sekitar
    2. Kurangnya ruang privasi.Hadirnya situs-situs jejaring sosial tidak hanya membantu untuk menghubungkan individu yang satu dengan yang lain atau dengan kelompoknya
    3. Terorisme yang semakin merajalela
    4. Timbulnya jenis kejahatan baru.Kejahatan yang timbul antara lain penipuan, pencurian nomor kartu kredit, pornografi, pengiriman email sampah (spam),
    5. Meningkatnya angka pengangguran.Masalah yang satu ini sangat menarik perhatian
  108. Sosialisasi kebijakan pemerintah dapat lebih cepat disampaikan kepada masyarakat termasuk dampak positif teknologi informasi dan komunikasi dalam Bidang...

    1. Bidang Perniagaan dan pedaganggan
    2. Bidang Pemerintahan
    3. Bidang Pendidikan
    4. Bidang Perbankkan
    5. Bidang Sosial Budaya
  109. Timbulnya jenis kejahatan baru.Kejahatan yang timbul antara lain penipuan, pencurian nomor kartu kredit, pornografi, pengiriman email sampah (spam), pengiriman virus, penyadapan saluran telepon, memata-matai aktivitas seseorang (spyware), dan mengacaukan trafik jaringan termasuk dampak positif teknologi informasi dan komunikasi dalam Bidang...

    1. Bidang Pendidikan
    2. Bidang Sosial Budaya
    3. Bidang Perbankkan
    4. Bidang Pemerintahan
    5. Bidang Perniagaan dan pedaganggan
  110. Dibawah ini yang bukan termasuk Dampak Positif TIK di bidang pemerintahan yaitu...

    1. Meningkatkan hubungan antara pemerintah dengan dunia usaha dan masyarakat karena informasi lebih mudah didapat. Tersedianya informasi yang mudah diakses oleh masyarakat
    2. Munculnya kejahatan jenis baru
    3. Meningkatkan layanan kepada masyarakat
    4. Meningkatkan Kualitas dan Kuantitas Layanan Publik
    5. Mendorong Tumbuhnya Proses Demokrasi
  111. Sebuah penemuan baru yang bertujuan untuk mempermudah kehidupan, disebut juga dengan...

    1. Dedikasi
    2. Kreativasi
    3. Improvisasi
    4. Inovasi
    5. Invensi
  112. Dimilikinya keyakinan atas kemampuan dirinya untuk sukses yang direfleksikan melalui motto bahwa kegagalan itu tak lain adalah sukses yang tertunda, merupakan ciri kewirausahaan untuk...

    1. High level of energy
    2. Confidence in their ability to success
    3. Preference for moderate risk
    4. Desire for immediate feedback
    5. Desire for responsibility
  113. Dimilikinya semangat dan dorongan bekerja keras untuk mewujudkan impiannya yang lebih baik di masa mendatang, adalah ciri kewirausahaan yang dikemukakan oleh...

    1. Nasution Arman Hakim
    2. Scarborough dan Zimmerer
    3. Krisna R. Purnomo
    4. McCleland
    5. Serian Wijatno
  114. Yang bukan termasuk dalam dampak technopreneurship secara ekonomi adalah...

    1. Meningkatkan kreativitas
    2. Meningkatkan pendapatan.
    3. Meningkatkan efisiensi dan produktivitas.
    4. Menggerakan sektor-sektor ekonomi yang lain
    5. Menciptakan lapangan kerja baru.
  115. Inovasi adalah...

    1. Proses adopsi sebuah penemuan oleh mekanisme pasar.
    2. Pengenalan terhadap berbagai regulasi usaha dan perpajakan.
    3. Menetapkan business plan.
    4. Menciptakan lingkungan usaha yang kondusif, sesuai dengan budaya setempat dan beresiko relatif lebih kecil bagi interpreneur baru.
    5. Memfasilitasi interpreneur dalam memperoleh modal kerja.
  116. Technopreneur IT Dunia yang mendirikan Google Inc. adalah...

    1. Steve Jobs, Steve Wozniak, dan Ronald Wayne
    2. Jerry Yang dan David Filo
    3. Jeff Bezos
    4. Larry Page dan Sergey Brin
    5. Linus Torvald
  117. Indonesia terkenal akan kebudayaan hayati yang beragam, dikenal dengan istilah...

    1. Healt
    2. Biodiversity
    3. Energy
    4. Water
    5. Agriculture
  118. Tujuan Pendidikan TI berbasis Technopreneurship adalah...

    1. Menciptakan lingkungan usaha yang kondusif, sesuai dengan budaya setempat dan beresiko relatif lebih kecil bagi interpreneur baru.
    2. Memfasilitasi interpreneur dalam memperoleh modal kerja.
    3. Menggerakan sektor-sektor ekonomi yang lain.
    4. Menciptakan lapangan kerja baru.
    5. Memberikan kontribusi kongkret dalam mensiasati masalah pengangguran intelektual di Indonesia.
  119. Yang tidak termasuk dalam ciri-ciri kewirausahaan menurut Scarborough dan Zimmerer, adalah...

    1. Sustainable development
    2. Desire for responsibility
    3. Desire for immediate feedback
    4. Preference for moderate risk
    5. Confidence in their ability to success
  120. Identifikasi dan evaluasi Peluang, seorang pengusaha harus melihat, dan memiliki ketajaman untuk mengidentifikasi suatu peluang yang potensial, merupakan salah satu dari empat fase dalam proses kewirausahaan yang dikemukakan oleh...

    1. McCleland
    2. Krisna R. Purnomo
    3. Serian Wijatno
    4. Nasution Arman Hakim
    5. Scarborough dan Zimmerer

Demikian soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) di bsi dan nusa mandiri terbaru. Semoga soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi (PTIK) ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi kita semua. Terimakasih...

Komentar