Kunci Jawaban E-Learning E-Business BSI dan Nusa Mandiri (Quiz, UTS, UAS, dan HER) Terbaru

Berikut ini adalah kisi-kisi soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS, dan HER matakuliah E-Business terbaru hasil ringkasan dari pertemuan 1, pertemuan 2, pertemuan 3, pertemuan 4, pertemuan 5, pertemuan 6, pertemuan 9, pertemuan 10, pertemuan 11, pertemuan 12, pertemuan 13, dan pertemuan 14 di kampus Akademi Mananajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bina Sarana Informatika (BSI) dan Nusa Mandiri.
Soal dan kunci jawaban E-Business ini telah diperbaharui dan diperbaiki sehingga kebenaran jawabannya sesuai dengan modul/materi.

Semua pihak atau entiti yang melakukan interaksi dalam sebuah sistem bisnis/ serangkaian proses bisnis merupakan pihak yang berkepentingan dalam ruang lingkup e-bisnis. Merupakan pengertian dari...

  1. Prinsip what
  2. Prinsip Who
  3. Prinsip Where
  4. Prinsip How
  5. Prinsip Why

Dampak positif dari e-commerce dan e-bussines yaitu...

  1. Meningkatkan informasi
  2. Meningkatkan biaya pemasaran
  3. Meningkatkan keamanan sistem informasi
  4. Meningkatkan efisiensi laporan
  5. Meningkatkan loyalitas pelanggan

Kegiatan berbisnis di Internet yang tidak saja meliputi pembelian, penjualan dan jasa, tapi juga meliputi pelayanan pelanggan dan kerja sama dengan rekan bisnis, pengertian dari...

  1. Informasi
  2. Teknolog informasi
  3. E-commerce
  4. Arsitektur TI
  5. E-business

Dalam arsitektur computer dibutuhkan beberapa hal yaitu...

  1. Dokumen
  2. Data
  3. Tool
  4. Teknologi
  5. Transformer

Kustomisasi dan personalisasi produk dan layanan secara real-time berdasarkan kebiasaan beli, keinginan dan kebutuhan konsumen, adalah pengertian dari...

  1. SCM
  2. ERP
  3. E-bussiness
  4. CRM
  5. E-commerce

Suatu aplikasi dan proses bisnis yang menghubungkan perusahaan, konsumen dan komunitas tertentu melalui transaksi elektronik dan perdagangan barang , pelayanan dan informasi yang dilakukan secara elektronik, merupakan pengertian dari...

  1. Informasi
  2. E-commerce
  3. E-business
  4. Arsitektur TI
  5. Teknolog informasi

Yang merupakan interaksi eksternal organisasi adalah...

  1. Pemerintah
  2. Akuntan
  3. Analisis Sistem
  4. End User
  5. Programmer

Salah satu contoh aplikasi E-bussines, yaitu...

  1. LRS
  2. ERD
  3. UML
  4. ERP
  5. EA

Dampak negative dari e-commerce dan e-bussiness, yaitu...

  1. Memperpendek alur distibusi barang
  2. Mengurangi tenaga kerja
  3. Mengurangi pangsa pasar
  4. Resiko kehilangan informasi berharga
  5. Memperpendek waktu produksi

Singkronisasi dan koordinasi aktivitas-aktivitas yang berkaitan dengan aliran material/produk, baik yang ada dalam satu organisasi maupun antar organisasi, pengertian dari...

  1. ERP
  2. CRM
  3. E-bussiness
  4. SCM
  5. E-commerce

Hal-hal yang perlu diperhatikandalam tahapan perancangan selai rekomendasi kelayakan sistem yaitu...

  1. Penerapan Sistem informasi
  2. Kebutuhan user
  3. Kesiapan teknologi
  4. Evaluasi sistem informasi
  5. Infrastruktur informasi

Memahami permasalahan yang muncul dan mendefinisikan secara rinci. Merupakan tahapan dalam metode daur hidup Sistem Informasi (SI) yaitu...

  1. Perencanaan
  2. Evaluasi
  3. Pemeliharaan
  4. Penerapan
  5. Analisis

Pada tahap ini, dilakukan uji coba sistem yang telah selesai disusun. Meruapkan tahap...

  1. Evaluasi
  2. Pemeliharaan
  3. Penerapan
  4. perancangan
  5. Analisis

Faktor lain dalam menganalisa yaitu kelayakan organisasi, memilih kelompok bisnis, kemungkinan permodalan, tingkat kopetisi produk, lingkungan operasional sistem dan sistem hargA. Merupakan tahapan dalam metode daur hidup Sistem Informasi (SI) yaitu...

  1. Pemeliharaan
  2. Analisis
  3. Perencanaan
  4. Evaluasi
  5. Penerapan

Manfaat dilakukannya evaluasi pada sistem informasi adalah...

  1. Meningkatkan kehandalan Sistem Informasi
  2. Memastikan sistem sudah berjalan dengan benar
  3. Memastikan ketahanan teknologi yang digunakan
  4. Meningkatkan kehandalan infrastuktur SI
  5. Memastikan kemampuan perangkat keras

Tahap perancangan merupakan fase pemahaman kriteria kebutuhan sistem. Diharapkan lebih menuju sistem yang stabil dan flexiblE. Merupakan tahapan dalam metode daur hidup Sistem Informasi (SI) yaitu...

  1. Perancangan
  2. Pemeliharaan
  3. Perencanaan
  4. Penerapan
  5. Analisis

Tahap ini merupakan kegiatan untuk mengimplementasikan rancangan yang telah disusun sebelumnya agar dapat diwujudnyatakan. Merupakan tahapan dalam metode daur hidup Sistem Informasi (SI) yaitu...

  1. Pemeliharaan
  2. Perencanaan
  3. Penerapan
  4. Analisis
  5. Perancangan

Tahap-tahap pembentukan system e-bussiness yaitu...

  1. Meningkatkan biaya SI
  2. Mengembangkan SI yang bersifat inter platform
  3. Memangkas biaya operasional SI
  4. Meningkatkan arsitektur SI
  5. Mengurangi ketergantungan SI

Arus data informasi dapat dilihat dengan jelas dengan menggunakan pemodelan sistem Penggambaran pemodelan sistem dapat menggunakan beberapa tool yaitu...

  1. ERD
  2. ERP
  3. Sistem database
  4. LRS
  5. Flowchart

Visi dan Prospek dalam membangun e-bisnis bukan saja menkomputerisasi system informasi namun juga untuk beberapa alas an lainnya yaitu...

  1. Permintaan Pasar
  2. Efektifitas Proses Pengambilan Keputusan
  3. Persaingan Global
  4. Permintaan Pimpinan
  5. Efisiensi Biaya Operasional

Persyaratan baru pada e-bussiness bertitik pada sistem yaitu...

  1. Kebutuhan pimpinan
  2. Peraturan pemerintah
  3. Kebutuhan user
  4. Efisiensi sistem informasi
  5. Kemudahan penggunaan

Penggunaan teknologi dalam e-bussiness untuk memaksimalkan nilai pelanggan, memungkinkan bisnis dengan cara baru dinamakan...

  1. Discuss
  2. Diagnosis
  3. Redefine
  4. Design
  5. Deliver

Menentukan tindakan yang diperlukan dan Diskusikan hasil usaha e-bisnis dengan mendapatkan umpan balik dan menganalisis. Merupakan hal-hal yang dilakukan pada tahapan...

  1. Design
  2. Diagnosis
  3. Deliver
  4. Define
  5. Discuss

Tentukan peluang tertentu serta kompetitif situasi. Merupakan hal-hal yang dilakukan pada tahapan...

  1. Diagnosis
  2. Deliver
  3. Define
  4. Design
  5. Discuss

Persyaratan baru pada e-bussiness untuk lingkup bisnis bertitik pada...

  1. Berfokus pada pelanggan
  2. Handal
  3. Terintegrasi
  4. Terukur
  5. Sistem pada mudah digunakan

Menyampaikan strategi dan desain dengan mengembangkan, pengujian, pelatihan, dan pelaksanaan. Merupakan hal-hal yang dilakukan pada tahapan...

  1. Discuss
  2. Deliver
  3. Diagnosis
  4. Define
  5. Design

Mengidentifikasi tujuan bisnis untuk menyelesaikan e-rencana bisnis dan inisiatif. Merupakan hal-hal yang dilakukan pada tahapan...

  1. Determine
  2. Develop
  3. Begin
  4. Diagnosis
  5. Deliver

Urutan perencanaan keberhasilan e-bussiness dapat menggunakan metodology overview, terdiri dari 8 tahapan yaitu...

  1. Begin, Diagnosis, Develop, Define, Determine, Design, Deliver, Discuss
  2. Begin, Diagnosis, Develop, Define, Design , Determine, Deliver, Discuss
  3. Begin, Diagnosis, Define, Determine, Design, Deliver, Disccus, , Develop
  4. Begin, Develop, Diagnosis , Define, Determine, Design, Deliver, Discuss
  5. Diagnosis, Develop, Begin, Define, Determine, Design, Deliver, Discuss

Penggunaan teknologi dalam e-bussiness untuk...

  1. Peningkatan pendapatan
  2. Memperluas pangsa pasar
  3. Meningkatkan kebutuhan user
  4. Peningkatan nilai jual barang
  5. Mengefisienkan sistem

Mengidentifikasi para pemangku kepentingan dan mendiagnosis proses merekA. Merupakan hal-hal yang dilakukan pada tahapan...

  1. Deliver
  2. Diagnosis
  3. Develop
  4. Determine
  5. Begin

Organisasi, sdm, relasi, sistem manajerial dan strategi yang akan di terapkan dalam strategi e-bussiness memegan peranan sebanyak ... dalam perusahan...

  1. 1/4 bagian
  2. 1/3 bagian
  3. 1/2 bagian
  4. 2/3 bagian
  5. Seluruh bagian

Menurut Budi Sutedjo (2001) ada 7 perubahan pola perilaku konsumen tradisional ke e-bisnis yaitu salah satunya adalah...

  1. Pola intergrasi
  2. Pola pengiriman
  3. Pola keinginan
  4. Pola kebutuhan
  5. Pola Transaksi

Usia, Gender, Etnik Pendidikan, Pola Hidup, Psikologi, Pengetahuan, Nilai, Kepribadian merupakan kateristik?

  1. Personal
  2. Sistem Kontrol
  3. Keputusan Pembeli
  4. Lingkungan
  5. Stimulasi

Karakteristik Personal, hal-hal yang mencakup karakteristik personal diantaranya yaitu...

  1. Komunitas
  2. Keluarga
  3. Layanan
  4. Usia
  5. Warna kulit

Dalam strategi e-bussiness terdapat isu-isu penting yaitu dimana teknologi memegang peranan sebanyak ... dalam perusahan...

  1. Seluruh bagian
  2. 1/2 bagian
  3. 2/3 bagian
  4. 1/4 bagian
  5. 1/3 bagian

Harga, Promosi, Produk, Kualitas dan faktor lainnya yaitu Ekonomi Teknologi, Politik, Budaya merupakan salah satu faktor penentu keputusan yaitu...

  1. Personal
  2. Keputusan Pembeli
  3. Lingkungan
  4. Sistem Kontrol
  5. Stimulasi

Sosial, Komunitas dan Keluarga merupakan kateristik...

  1. Lingkungan
  2. Personal
  3. Stimulasi
  4. Keputusan Pembeli
  5. Sistem Kontrol

Sistem Kontrol Pemasok, sistem kontrol pemasok melingkupi pendukung logistik yaitu...

  1. Kateristik Lingkungan
  2. Pembayaran
  3. Kateristik personal
  4. Keputusan pembeli
  5. Stimulasi

Untuk membangun relasi dengan baik ddibutuhkan model pembangunan relasi yaitu...

  1. Kateristik personal
  2. Konsumen membuat keputusan membeli
  3. Kateristik lingkungan
  4. Peningkatan kwaitas barang
  5. Kebutuhan pembeli

Sikap-sikap yang dimiliki konsumen e-busines yaitu...

  1. Menuntut jaminan atau garansi atas produk
  2. Masa bodo dengan kwalitas barang
  3. Membeli karena keinginan
  4. Malas membaca keterangan produk
  5. Menginginan pola pembayaran yang mudah

Perusahaan konvensional yang ingin memanfaatkan internet dapat memulai dengan mempergunakan teknologi informasi sebagai kanal tambahan dan alternatif dalam menghubungkan perusahaan dengan para pelangganyA. Merupakan penjelasan dari evolusi e-bussiness yaitu...

  1. Supply-Chain Integration
  2. Value-Chain Integration
  3. Channel Enhancement
  4. Industry Transformation
  5. Convergence

Konsep ini mengajarkan kiat dan strategi untuk membangun dan menjalin hubungan yang efektif antara perusahaan dengan pelanggannya agar tercapailah apa yang kerap diistilahkan sebagai customer satisfaction, customer loyalty dan customer retention. Merupakan penjelasan dari...

  1. Customer relationship management
  2. Transformasi bisnis
  3. Entrprise Arsitek
  4. evolusi e-bussiness
  5. Entity Relation Diagram

Manfaat yang diberikan oleh e-business bagi Konsumen yaitu...

  1. Cash flow terjamin
  2. Perluasan pasar
  3. Tantangan baru
  4. Peluang kerja baru
  5. Biaya terkendali

Manfaat yang diberikan oleh e-business bagi masyarakat pada umumnya yaitu...

  1. Biaya terkendali
  2. Cash flow terjamin
  3. Aman secara fisik
  4. Tantangan baru
  5. Wahana kompetisi

Alasan-alasan terjadinya evolusi e-business adalah...

  1. Resiko lebih kecil
  2. Keuntungan yang kecil
  3. Resiko lebih besar
  4. Tidak ada resiko
  5. Keuntungan yang besar

Perusahaan dapat secara mudah berkolaborasi dan berkooperasi untuk menciptakan produk- produk baru yang tidak mungkindapat diciptakan tanpa adanya kerja sama tersebut. Merupakan penjelasan dari evolusi e-bussiness yaitu...

  1. Convergence
  2. Customer needed
  3. Industry Transformation
  4. Channel Enhancement
  5. Value-Chain Integration

Perusahaan yang pada akhirnya harus menggantu core bisnisnya setelah melihat kekuatan utama yang dimilikinya (core competencies) dan tingginya kompetisi di industri terkait. Merupakan penjelasan dari evolusi e-bussiness yaitu...

  1. Value-Chain Integration
  2. Channel Enhancement
  3. Industry Transformation
  4. Convergence
  5. Customer needed

Rangkaian proses atau aktivitas perubahan bahan mentah menjadi produk jadi. Merupakan penjelasan dari evolusi e-bussiness yaitu...

  1. Customer needed
  2. Channel Enhancement
  3. Value-Chain Integration
  4. Convergence
  5. Supply- Chain Integration

Menurut Martin Ada 4 tahapan evolusi yang dipergunakan yaitu...

  1. Channel Enhancement, Supply- Chain Integration, Industry Transformation, Convergence
  2. Channel Enhancement, Value-Chain Integration, industry needed, Convergence
  3. Channel Enhancement, Value-Chain Integration, Company Transformation, Convergence
  4. Channel Enhancement, Value-Chain Integration, Industry Transformation, Convergence
  5. Channel Enhancement, Value-Chain Integration, Industry Transformation, Customer needed

Manfaat yang diberikan oleh e-business bagi perusahaan atau pebisnis perorangan yaitu...

  1. Harga murah
  2. Peluang kerja baru
  3. Kebutuhan Konsumen
  4. Tantangan baru
  5. Memperpendek jarak

Kegiataan yang Menggunakan berbagai teknologi terbaru seperti CRM, Data mining tool, Sistem terintegrasi yang berbasis pelanggan. Merupakan jenis kegiatan...

  1. After sales service
  2. Delivery
  3. E-commerce
  4. Ordering
  5. Promosi

Urutan aktivitas B2C adalah...

  1. Ordering, Delivery, AFter Sales service, Promotion
  2. Ordering, Promotion, AFter Sales service , Delivery
  3. Promotion, Delivery, AFter Sales service, Ordering
  4. Promotion, Ordering, Delivery, AFter Sales service
  5. Promotion, Delivery, AFter Sales service, Ordering

Mekanisme toko online (electronic shoping mall) yaitu transaksi antara e-merchant dengan e- customer. Merupakan defines B2C menurut...

  1. Fandy Tjiptono
  2. Martin V Diese
  3. Budi Sutedjo
  4. Munir Fuady
  5. Onno W. Purbo

Situs-situs universitas dan situs pendidikan lainnya termasuk dalam prinsip ordering yaitu...

  1. Community-oriented
  2. Commerce-oriented
  3. Content-oriented
  4. Comunication-oriented
  5. Education-Oriented

Yang merupakan karakter dari B2C yaitu...

  1. Memberikan service secara lengkap
  2. Membutuhkan os dan aplikasi khusus
  3. Interaktif, user memegang kendali
  4. Community-oriented contohnya kaskus.us
  5. Transaksinya sederhana dan tidak terlalu sering terjadi

Tantangn utama dalam B2C yaitu...

  1. Transaksinya sederhana dan tidak terlalu sering terjadi
  2. Melakukan promosi sebaik mungkin
  3. Menciptakan ketergantungan dan loyalitas
  4. Membuat berita-berita terbaru tentang produk
  5. Melakukan transaksi penjualan barang

Keuntungan dari promosi yaitu...

  1. Membutuhkan os dan aplikasi khusus
  2. Terbuka untuk umum, dimana informasi di sebarkan ke umum
  3. User Memberikan service secara lengkap
  4. Interaktif, user memegang kendali
  5. User yang tidak bisa dikendalikan

B2C dpat memberikan pelayanan berupa...

  1. Membangun provasi dan kepercayaan konsumen
  2. Menciptakan ketergantungan dan loyalitas
  3. Membutuhkan os dan aplikasi khusus
  4. Kelengkapan, keragaman dan ketersediaan barang/jasa
  5. Memuat contoh produk yang dijual beserta informasi-informasinya

Produk-produk B2C dapat terdiri dari ...

  1. Produk digital dan produk fisik
  2. Produk digital dan produk manufaktur
  3. Produk fisik dan produk barang dagang
  4. Produk digital dan produk olahan
  5. Produk fisik dan produk barang jadi

Proses yang terjadi apabila organisasi atau perusahaan menjual produk atau jasa kepada konsumenya melalui jaringan internet. Merupakan penjelasan dari...

  1. Definisi B2C
  2. Aktivitas B2C
  3. Karakteristik B2C
  4. Perkembangan B2C
  5. Mekanisme B2C

Demikian soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah E-Business di bsi dan nusa mandiri terbaru. Semoga soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS dan HER matakuliah E-Business ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi kita semua. Terimakasih...

Komentar