Soal dan Kunci Jawaban Quiz, UTS dan UAS Sistem Pakar BSI, Nusa Mandiri, dan ARS University

Berikut ini adalah kisi-kisi soal dan kunci jawaban Quiz, UTS, UAS, dan HER matakuliah Sistem Pakar terbaru hasil ringkasan dari pertemuan 1 - 14 di kampus Akademi Mananajemen Informatika dan Komputer (AMIK) Bina Sarana Informatika (BSI), ARS University dan Nusa Mandiri.

Soal dan kunci jawaban Sistem Pakar ini telah diperbaharui dan diperbaiki sehingga kebenaran jawabannya sesuai dengan modul/materi.

Proses dimana peralatan mekanik dapat melaksanakan kegiatan-kegiatan yang berdasarkan pada pemikiran atau kecerdasan buatan disebut...
a. Pendekatan teknik
b. Pendekatan Ilmiah
c. Pendekatan tehnik dan ilmiah
d. Pendekatan statistik
e. Pendekatan terstruktur

Ilmu yang mempelajari bagaimana sebuah komputer dapat melakukan kegiatan yang dapat dilakukan oleh manusia...
a. Pendekatan Ilmiah
b. Pendekatan statistik
c. Pendekatan teknik
d. Pendekatan terstruktur
e. Pendekatan tehnik dan ilmiah

Program ini dapat digunakan untuk memainkan game dan punya kemampuan untuk menyimpan pengalaman untuk digunakan pada permainan, disebut...
a. Checkers-playing program
b. General Problem Solver (GPS)
c. commonsense reasoning
d. Robot control
e. Manufacturing planning

Menyediakan cara penyelesaian masalah untuk kasus dimana bila tidak ada lagi pendekatan langsung yang dapat digunakan maka pindahkan kerangka kerja kpd teknik langsung yang mungkin untuk dilekatkan, disebut...
a. Search
b. Abstraction
c. Use of Knowledge
d. Scientific analysis
e. Commonsense Reasoning

Yang tidak termasuk Cabang dari Artificial Inteligent adalah...
a. Expert System
b. Robotic
c. Machine Visionn
d. Linguistic
e. Entity Relationship diagram

Suatu sistem yang menggabungkan pengetahuan dan penelusuran data untuk memecahkan masalah yang secara normal memerlukan keahlian seorang pakar, disebut...
a. Sistem pakar
b. Fuzzy
c. Rekayasa Perangkat Lunak
d. Sistem interaksi
e. Sistem database

Pengetahuan seorang pakar yang sudah diadaptasi kebentuk software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang software dapat diperbanyak dan disebarluaskan dalam jumlah yang tidak terbatas, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Biaya memperbanyak software lebih murah dibanding menghadirkan atau melatih seorang pakar, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Dapat digunakan pada keadaan dan atau lokasi yang membahayakan manusia, disebut...
a. Increased Availability
b. Reduced cost
c. Reduced danger
d. Permanence
e. Multiple expertise

Sistem pakar dapat dibuat dan digunakan secara simultan dengan penggabungan beberapa pengetahuan dari banyak pakar, disebut...
a. Increased Availability
b. Permanence
c. Reduced cost
d. Multiple expertise
e. Multiple expertise

Suatu proses untuk mengumpulkan data-data pengetahuan tentang suatu masalah dari pakar, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Dalam pemrograman visual umumnya disediakan sarana untuk mengembangkan tabel-tabel penyimpanan data yang terangkum dalam sebuah database, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Bagian sistem pakar yang melakukan penalaran dengan menggunakan isi daftar aturan berdasarkan urutan dan pola tertentu. Selama proses konsultasi antara sistem dan pemakai, mekanisme inferensi menguji aturan satu persatu sampai kondisi aturan itu benar, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Fasilitas ini memungkinkan sistem untuk mengembangkan dirinya sendiri dengan memilah atau mengelompokan kembali fakta yang sudah ada, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Bagian komponen sistem pakar yang memberikan penjelasan tentang bagaimana program dijalankan, apa yang harus dijelaskan kepada pemakai tentang suatu masalah, memberikan rekomendasi kepada pemakai, mengakomodasi kesalahan pemakai dan menjelaskan bagaimana suatu masalah terjadi, disebut...
a. Fasilitas Akuisisi pengetahuan
b. Basis Pengetahuan dan Basis Aturan
c. Mekanisme Inferensi
d. Fasilitas Belajar Mandiri
e. Fasilitas Penjelasan Sistem

Salah satu kata dimana banyak orang mengetahui maknanya, tetapi sulit untuk mendefinisikannya, disebut...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Suatu studi tentang pengetahuan, studi ini dihubungkan dengan alam, struktur dan keaslian pengetahuan, disebut...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Epistemology mengekspresikan pengetahuan dalam tiga bentuk yaitu...
a. Philosopy, priori dan posteriori
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan priori
e. Philosopy dan priori

Mengekspresikan kebenaran umum (general truth) yang terjadi di alam, yaitu...
a. Pengetahuan
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Dibawah ini klasifikasi dari Pengetahuan yaitu...
a. Procedural knowledge, Declarative knowledge dan Tacit knowledge
b. Philosopy, pengetahuan dan posteriori
c. Philosopy, priori dan pengetahuan
d. Epistemology, Philosopy dan prior
e. epistemology

Dalam AI, yang digunakan untuk menjelaskan struktur pengetahuan yang lebih kompleks dibandingkan dengan jaringan semantik, disebut...
a. Skema
b. Produksi
c. Jaringan
d. Pengetahuan
e. Priori

Bentuk skema berasal dari...
a. Psikologic
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Abstraksi dimana obyek khusus diklasifikasikan dengan properti umum, disebut...
a. Skema konseptual
b. Skema phisik
c. Skema jaringan
d. Skema frame
e. Skema

Menciptakan pelajaran hubungan tidak formal antara sebab dan akibat atau cara mengatasinya, penyebab akan diulangi jika menyenangkan atau dihindari jika menyakitkan, disebut...
a. Psikologic
b. Priori
c. Epistemology
d. Posteriori
e. Philosophy

Perbedaan umum, schema dengan jaringan adalah...
a. Schema memiliki struktur internal di dalam nodenya
b. Tabel jaringan schema seluruh pengetahuannya tentang node
c. Jaringan schema seperti struktur data
d. Schema, kunci penelitian merupakan data yang disimpan dalam node
e. Jaringan berisi struktur data

Proporsi atau pernyataan yang selalu bernilai benar atau salah karena berdasarkan fakta, disebut...
a. Premise
b. Conclusion
c. Priori
d. Schema
e. Node

Kesimpulan yang diturunkan dari dua pernyataan sebelumnya, disebut...
a. Premise
b. Conclusion
c. Priori
d. Schema
e. node

Serangkaian aksioma, yang berisi symbol untuk menunjukkan obyek dan jenis, dan operasi aljabar untuk memanipulasi symbol, disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Definisi fundamental dari system logika seperti matematika dan logika itu sendiri. Dengan hanya menggunakan aksioma dapat menghasilkan teori, disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Pernyataan yang dapat dibuktikan dengan menunjukkan bagaimana teori tersebut diperoleh, yaitu dengan menggunakan aksioma, disebut...
a. Kontribusi Boole
b. Aksioma
c. Teori
d. priori
e. Schema

Suatu bentuk geometri yang menghubungkan titik-titik (node) dengan garis atau tanda panah (arch), disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Bentuk Graph berarah, terbuka dimana selalu memiliki satu node sebagai root (akar) atau start, node-node yang memiliki cabang dan sebagai root (akar) atau start, node-node yang memiliki cabang dan node-node yang tidak memiliki cabang yang disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Leave (Daun) atau end

Parent bagi node dibawahnya dan begitu juga untuk setiap node yang bukan daun akan menjadi parent untuk node dibawahnya, disebut...
a. Tree
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Bentuk Graph berarah, bisa terbuka bisa tertutup, dapat memiliki lebih dari satu node sebagai start, dan adanya kemungkinan dimana sebuah node memiliki lebih dari satu parent serta dapat terjadi hanya ada satu node sebagai leave (daun), disebut...
a. Tree
b. Graph
c. Root
d. Latice
e. Node

Skema representasi pengetahuan dan metode pemberian alasan tentang pengetahuan itu, disebut...
a. Struktur keputusan
b. Latice
c. Graph
d. Node
e. Root

Metode yang digunakan untuk menggambarkan inferensi adalah...
a. Deduktive logic
b. Sylogisme
c. Antecedent
d. Conclusion
e. Premises

Satu type argumen logika, yang memiliki dua premises dan satu conclusion adalah...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Antecedent
e. Premises

Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana Premises disebut...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Antecedent

Dalam argumen, premises digunakan sebagai bukti untuk mendukung conclusion (kesimpulan), dimana kesimpulan disebut...
a. Deduktive logic
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Consequent

Simbol ∴ disamping digunakan untuk menyatakan...
a. berarti/jadi (therefor)
b. Conclusion
c. Sylogisme
d. Premises
e. Antecedent

p → q, p; q
1. Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan premise, adalah...
a. Koma
b. titik
c. Titik koma
d. tanda panah
c. Garis lurus

Notasi diatas untuk skema modus ponens yang digunakan sebagai pemisahkan conclusion, adalah...
a. Koma
b. titik
c. Titik koma
d. tanda panah
e. Garis lurus

Bentuk khusus dari sylogisme, jika untuk kedua premise bernilai benar (T) maka nilai conclusion juga benar (T), disebut...
a. Modus ponens
b. Deduktive logic
c. Conclusion
d. Sylogisme
e. Antecedent

Hukum disamping disebut... p → q, ~q; ~p
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi ganda

Hukum disamping disebut...~(~p); p
a. Hukum data skema
b. Hukum Kontra Positif
c. Hukum Modus Tollen
d. Hukum inferensi disjunletif
e. Hukum negasi ganda

Salah satu metode inferensi yang berusaha menghubungkan masalah dengan solusinya, disebut...
a. Rangkaian
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Rangkaian yang menghubungkan keadaan atau fakta yang dihadapi sebagai alasan kepada suatu kesimpulan, disebut...
a. Rangkaian Forward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. analogi

Rangkaian yang menghubungkan suatu keadaan/fakta yang dihadapi sebagai suatu hipotesa kepada fakta-fakta lain yang dapat mendukung hipotesa tersebut...
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Ide pokok dari pemberian alasan dengan mencoba dan menghubungkan situasi lama (yang pernah terjadi) sebagai penuntun ke situasi yang baru, adalah...
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Metode inferensi dalam AI klasik yang berusaha mendapatkan solusi dengan mengenerate atau membuat yang mirip solusi (diduga) melakukan test kemudian berhenti bila itu ternyata solusinya atau membuat lagi yang lain dan melakukan test lagi sampai ditemukan solusi, disebut:
a. Rangkaian Backward
b. Plan-Generate-Test
c. Generate and Test
d. Certerain Factor
e. Analogi

Sebutan untuk menyatakan kekurangan informasi yang memadai untuk mengambil suatu keputusan, adalah...
a. Prospector
b. Kepastian
c. Ketidak pastian
d. Crossover
e. Mutasi

Kesimpulan datang ketika semua bukti yang diperlukan untuk mengambil kesimpulan tidak diketahui dengan pasti, disebut...
a. Prospector
d. Kepastian
b. Ketidak pastian
e. Crossover
c. Mutasi

Komputasi yang melibatkan data-data dengan ketidakpastian, ketidakakuratan maupun kebenaran yang parsial, disebut...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Crossover
e. Soft Computing

Sistem inferensi yang mendasarkan logikanya dengan logika yang menyerupai bahasa sehari-hari, disebut...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Crossover
e. Soft Computing

Komponen rule dan Deffuzifikasi adalah Fungsi keanggotaan dari...
a. Prospector
b. Fuzzy Inference System (FIS)
c. Genetic Algorithm
d. Jaringan Syaraf Tiruan (JST)
e. Soft Computing

Salah satu bahasa pemrograman untuk sistem pakar yang dibuat dari Bahasa C, dimana tipe inference yang dipakai rangkaian forward serta dikembangkan oleh NASA, adalah...
a. CLIPS 
b. Fotran
c. C
d. Asembler
e. Pascal

Pada Clips, field yang berupa kata, string, atau angka, disebut...
a. Fakta
b. Daftar Fakta
c. Basis Pengetahuan
d. Mesin Inference
e. Baris

Field pertama dari fakta secara normal digunakan untuk menunjukkan...
a. Tipe informasi
b. Judul informasi
c. Relasi
d. Fakta
e. Template

Fakta yang dapat digunakan untuk dokumen tipe informasi yang disimpan dalam fakta, adalah...
a. Tipe informasi
b. Judul informasi
c. Relasi
d. Fakta
e. Template

Komponen kedua dari sistem CLIPS, adalah...
a. Kolom
b. Baris
c. Template
d. Tipe informasi
e. schema

Demikian soal dan kunci jawaban Sistem Pakar bsi dan nusa mandiri terbaru. Semoga soal dan kunci jawaban Sistem Pakar bsi dan nusa mandiri terbaru ini bermanfaat khususnya bagi penulis, umumnya bagi kita semua.

Komentar